Beberapa tips yang bisa anda lakukan agar tagihan Air Tidak membengkak

Pernah kaget saat cek tagihan Air PDAM Yang membengkak? Memang sebagai manusia kita tidak bisa hidup dengan air, Air merupakan salah satu sumber kehidupan. Di dunia modern ini air sangat membantu kebutuhan rumah tangga yaitu untuk mencuci, mandi dan pastinya minum. Meskipun air merupakan sumber daya alam yang terbarukan, Untuk kebutuhan air bersih tergantung pada kondisi alam itu sendiri. Tak heran jika musim kemarau panjang datang, banyak wilayah yang juga mengalami kekeringan apalagi di Indonesia yang memang merupakan negara tropis. Di zaman sekarang juga pemerintah sedang gencar gencar nya mempromisokan gerakan hemat air. Agar keseimbangan alam tetap terjaga dan pastinya tagihan tidak membengkak. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar air tetap hemat. Yuk si ak dibawah ini.

Gunakan keran hemat air

 

Jangan lupa untuk mematikan keran usai digunakan. Selain itu Anda juga bisa memilih keran yang dapat hemat pemakaian air. Saat ini dipasaran Anda bisa dengan mudah menjumpai keran ramah lingkungan ini. Umumnya, keran hemar air ini memiliki mulut sambungan yang berbentuk bunga yang akan membuat air yang keluar akan lebih efektif dan lebih deras selain beisa menghemar hingga 30% – 50% penggunaan air.

 

Mandi dengan shower

 

Masih banyak masyarakat kita yang biasa mandi dengan gayung, mandi dengan gayung bisa membuang air bersih sia sia. Jika air yang dihabiskan terlampauy banyak dan hal ini terjadi setiap hari di rumah anda, maka target penghematan pun jadi lebih sulit. Maka gantilah gayung dnegan shower yang memang lebih bisa menghemat pemakaian air. Semaksimal mungkin.

 

Cek kebocoran pipa

 

Biasanya saluaran air dirumah Anda memang terhubung denngan pipa-pipa yang terkadang mengalami kebocoran. Sebaiknya lakukan pemeriksaan secara berkalan agar jika ditemukan kebocoran dapat segera diperbaiki. Langkah ini merupakan langkah yang sangat efektif dalam mencegah pengunaan debet air secara berlebihan. Anda pun dapat mewujudkan pemakaian air yang lebih hemat dan terhindar dari tagihan air yang membengkak, menguras pengeluaran bulanan.

 

Re-use water

 

Air sudah kotor memang tidak bisa dipakai lagi. Namun, bukan berarti. Namun bukan berarti air itu langsung terbuang, program re-use water ini sedang santer dipromosikan oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO. Contoh jika anda mencuci sayuran atau buah buahan. Kumpulkan dulu air berkas cucian nya laku siram ke tanaman. Seperti itu contohnya.

 

Manajemen pengunaan air.

Hal Ini luput dari perhatian, Adalah membiarkan keran air terus menyala meski sudah tidak terpakai, Padahal jika keran air terbuka maka secara otomatis terjadi pemborosan air yang sia-sia. Dengan begitu, Anda harus menerima tagihan pengunaan air nominal yang besar dari PDAM tiap bulannya.

 

Cuci kendaraan dengan air secukupnya

 

Saat mencuci kendaraan, Tanpa disadari anda akan memakai cukup banyak air, Oleh karenanya, jika kendaraan belum terlalu kotor, Anda tidak perlu mencucinya terlebih dulu pun demikian jika masih musim hujan. Cukup lap saja kendarran anda dengan lap basah. Dan jika sudah kotor banget baru bisa dibersihkan dengan semprotan air secukupnya.

 

Gunakan Pompa Air Otomatis

 

Pengunaan pompa air otomatis dapat membantu anda dalam mengehemat pengunaan air. Pasalnya, mesin ini memiliki saklar otomatis yang bekerja pada tekanan air, membuat kertja pompa menjadi otomatis, Ketika keran dibuka. Pompa akan menyaladan mati ketika begitu keran dimatikan.